Oleh: Anggi Jayadi
A. PENGERTIAN DAN PEMAHAMAN
Dalam
KBBI rajah merupakan suratan (gambaran, tanda, dsb) yang dipakai
sebagai azimat (untuk penolak penyakit dsb). Rajah juga temasuk dalam
kategori/varian dari mantra. Sedangkan mantra , dalam khazanah sastra
Sunda berarti jenis puisi yang isinya semacam jampi-jampi atau kata-kata
yang bermakna magis; isinya dapat mengandung bujukan, kutukan, atau
tantangan yang ditujukan kepada lawannya; untaian kata-kata yang tidak
jelas maknanya, biasa diucapkan oleh dukun atau pawang bila menghadapi
sesuatu keperluan (Mustappa, 1995: 64).
Sebagaimana pendapat Rusyana (1970) membagi mantra berdasarkan tujuannya menjadi 7 bagian, yaitu jampe 'jampi', asihan 'pekasih', singlar 'pengusir', jangjawokan 'jampi', rajah 'kata-kata pembuka 'jampi', ajian 'ajian/jampi ajian kekuatan', dan pelet 'guna-guna'.
Rajah sunda lebih dikenal dan erat kaitannya dengan seni “papantunan”. Pantun dalam bahasa Sunda berarti balada, atau ballad yakni nyanyian atau syair berlagu yang besifat epis. Hal
ini tidak dipisahkan menjadi sendiri-sendiri antara rajah dan
Papantunan, justru menjadi salah satu kesatuan yang utuh. Dalam seni
papantunan Rajah dibagi menjadi dua bagian yaitu sebagai Rajah bubuka
(pembuka) dan Rajah penutup (pamunah). Dilihat dalam Papantunan Sunda,
Rajah memang belum ditemukan fungsinya secara utuh, seperti yang di
ungkap Ajip rosidi dalam bukunya Beber layar, “nya
eta sababna nu matak nepi ka kiwari ta acan aya nu mesek fungsi rajah,
naon tali tumalina jeung kapercayaan karuhun urang, naon fungsi pantun
dina hirup kumbuh sunda buhun”(1989 : 58). Tapi kalau dilihat dari
bait-bait dan kata yang tersurat di dalamnnya, mungkin saja rajah di
maksudkan sebagai doa yang di dalamnnya terdapat beberapa cirri
kehidupan, dan penghormatan orang Sunda jaman dahulu tehadap suatu
kekuatan yang dianggap lebih besar darinya (gaib).
Memang
kebanyakan “Papantunan” atau cerita Pantun itu selalu di awali dan di
akhiri dengan membaca Rajah. Jikalau di bandingkan jaman sekarang
mungkin lebih tegolong sebagai do’a pembuka dan do’a penutup. “umumna
rangkai carita pantun the angger bae kitu-kitu keneh dimimitian ku
rajah pembuka……………………………….sabada lalkon tamat nya ditutup ku rajah
pamunah” (Rosidi, 2009 : 32).
Ada pula yang berpendapat bahwa Rajah Sunda adalah yang terdapat dalam Mamaos cianjuran. Rajah Sunda (Mamaos cianjuran)
adalah do’a “kolot baheula” orang tua jaman dulu yang menggunakan
kacapi indung. rajah ini hampir sama dengan kacapi suling. yang
membedakannya adalah, jika kacapi suling itu kebanyakan bersangkutan
dengan cinta atau hal-hal lain diluar do’a. sedangkan rajah sunda (Mamaos) hanyalah cuplikan do’a berbahasa sunda.
Ada
dua bentuk rajah yang dikenal di masyarakat umum pada masa ini, ada
rajah yang bebentuk lisan, yang merupakan sutu varian dari mantra, ada
pula yang bebentuk tulisan atau yang sering disebut sebagai azimat yang
terdapat pada sebuah benda, kain, atau tato (di luar sunda) dalam tubuh
yang di anggap bisa memberikan manfaat (sebagai penolak bala/kejahatan).
Dalam KBBI Azimat adalah suatu barang (tulisan) yang dianggap mempunyai
kesaktian dan dapat melindungi pemiliknya, digunakan sebagai penangkal
penyakit, obat dan sebagainya.
Namun
Rajah yang tedapat dalam tulisan di khalayak masyarakat banyak sekarang
ini, bertuliskan dari hurup arab. Entah bagaimana ceritanya dari
sebagian orang menyebut hal yang sepeti ini juga disebut rajah. Hal ini
di mungkinkan juga dari pengaruh islam yang masuk di tatar sunda, dan
juga pengaruh kebudayaan lain, sehingga pemahaman dan arti nya pun
menjadi meluas.
B. GAMBARAN DAN ESENSI RAJAH
Berbicara
masalah definisi, bentuk, bagian, rupa dan pemahaman masalah Rajah,
terutama yang berada di kalangan masyarakat Sunda pada saat ini, memang
tidak diketahui secara begitu mendalam. Hal ini dikarenakan kesulitan
sumber, fakta serta data-data yang otentik yang bisa menguatkan apa,
mengapa, dan bagaimana Rajah yang di maksud secara utuh.
Di bawah ini adalah sebuah contoh rajah, yang di ambil dari Papantunan kang Ibing sebagai pembuka cerita :
Bull…kukus ngelun ka manggung…
ka manggung neda papayung2x….
ka batara neda suka ka pohaci neda suci….
Pun paralun ka sang rumuhun ka batara-kabatari,
kabatara nagaraja ka batari nagasugih,
batara pang raksa jagat batari pang hurip bumi…
ampun paralun………….
pun paralun kaseuneu panyeukeut deuleu,
ka bayu pangusap sukma ka cai panghurip diri,
ka lembah panghudang rasa, pijamaeun da ari mulang
pun paralun ka pohaci dangdayang sari ka ambu sari pangasih,
ka ambu sari ning bumi, ka ambu sari ning hurip, ampun paralun
ahung…ahung 77x
ahung…ahung…. ahung…ahung…ahung
buru limana putih lemah dempak lemah dampit
lemah cikal lemah bakal lemah panginungan rasa
nu nyanggal sareng ka kujang
ahung…ahung…. ahung…ahung…ahung
ahungna ka buyut kukung buyut kukung ulang alung
di tengah camentrang herang,
mata wene beureum koneng lang sinulang nyerengkebeng
asal nyusup buluk gulung asal nu ngabak pakuan
ahung..ampun paralun..
hung ahung paralun ka gunung nu bakal ka catur
ka lembah bakal ka saba ka tangkal bakal ka pahpral ka cai baris ka sungsi..
ci haliwung nu nyang ngidul cisadane nu nya ngaler
ci hanjuang nu nyangetan ci peucang kiruh ti girang,
ci kapundung ulah pundung lulurung tujuh ngabandung ka dalapan teu di sorang..
ahung…ahung…ahung….ahung…ahung..
buru lingga asta bahe sajeroning rajah,
rajah kenang rajah kening punah ku rajah pamunah,
bumi rucita, jagat rucita, jaya sang kalawisesa,
neukteuk leunjeur nilas adegan,
Kabeh siluman sileman jayana mangka sing seda,
sedana beunang ku aing lohp…
aing nyaho ratu sia nu calik di gunung bukit,
gunung bukit buligir putih, palias punah ku rajah pamunah,
amit-amit neda widi seja heureuy papantunan bisi hariring teu uni,
bisi haleuang heunteu merenah,
ulah ngait kana fikir, ulah rengat kana manah,
tungul sirungan catang akaran muga bangblas ku hampura…
amit-amit neda wida amitan kanu tos mangkat
pindah alam ku wayahna lumentang di alam panjang
poe padang nagara tunjung sampurna.
Pun paralun nu mapadane, ngusik-ngusik nu keur calik,
ngeubah-ngeubah nu keur tapa, bisi aya nu kasebit nami keur alit,
bisi aya nu kasebat jenengan keur budak,
neda agung nya paralun menta jembar hampurana,
lain diri ku mawani, teu wani bisi kabadi,
lain diri kumawantun teu wantun bisi ka siku, palias niat nyacampah,…
Amit-amit neda widi ka mbah jambrong nu nga geugeuh bandung kulon,
ka mbah dipa nu ngageugeuh bandung wetan,
ka mbah naya genggong nu ngageugeuh bandung kaler,
ka mbah raksa pujil nu ngageugeuh bandung kidul…
Amit-amit muga di raksa di riksa mugi di aping di jarring,
anu hiri anu dengki anu jail kaniayaya,
pang nyingkirkeun pangnyingkahkeun pangepeskeun…
Rajah kula rajah pamunah, jadi haseup anu ngelun,
ngelunna ngelun ka manggung, ka manggung ka mega mendung,
run turun ngajadi hujan, hujan poyan sirantangan,
nyinglar halangan harungan,
balungbang maka balungbang ngebat jalan nga bulungbung bray nyingray lalangse puri hapsari,
nyingray di unday pohaci…………..
Secara
garis besar Rajah memang termasuk varian Mantra, namun kenapa di
kalangan masyarakat sunda Rajah identik dengan Papapantun. Begitupun
dengan aturan-aturan yang tedapat didalamnya, tidak ada peraturan harus
bgaimana seperti apa dan penggunaan dalam setiap huruf vokalnya
bagaimana, sepeti yang terdapat pada pupuh.
Hal ini tidak diketahui secara jelas tentng peraturan-peraturan yang
dimilikinya. Karena mungkin pada jaman dahulu terdapat suatu missing-link
tentang hal ini, atau mungkin saja sengaja dirahasiakan sebagai
pengetahun yang sangat tetutup. Sepeti yang di ungkap Ajip Rosidi dalam
Beber Layar, “teu acan aya ne mesek kmh susunan kapecayaan Sunda buhun nu kiwari masih aya titinggalna dina kasusastraan buhun (pantun) (1989 : 58).
Namun
walaupun demikian adanya rajah dalam seni Papantunan pun masih sakral
dan penuh dengan mistis. Ada banyak lakon dalam seni Papantunan yang
didalamnnya terdapat Rajah, yaitu : “Panggung Karaton, Demung Kalagan, Mundinglaya di Kusumah, Lutung Leutik, Kembang Penyarikan, Ciung Wanara dan Laiinya” dan setiap cerita Papantunan Pasti terdapat Rajah.
Rajah pun berbeda-beda tergantung orang yang memantunkannya atau tempat
asal di dapatkannya dan dari siapa yang mengajarkannya.
Misalkan Pantun Lutung Leutik yang dibawakan oleh Ki kamal dari kuningan (Depdikbud,
1987). Walaupun lakon tersebut sudah dibukukan, namun akan beda halnya
jika dibawakan oleh pemantun dari Cianjur atau Cirebon, kecuali satu
perguruan atau pernah berguru kepada beliau. “cara Rajah, bedana panataan teh heunteu gumantung kana lalakona, tapi gumantung kana wewengkon jeung saha juru pantuna”(Rosidi, 2009 : 37).
PENUTUP
Diatas
telah dikupas, bahwa Esensi dan makna dari Rajah bisa di hipotesiskan
sebagai do’a yang masih tergolong dalam varian Mantra. Karena Zedgeist jiwa
jaman atau keadaan jaman pada masa itu yang belum tersentuh dengn
agama-agama yang seperti sekarang ini. Diartikan secara sempit masih
banyak yang tergolong dalam Animisme dan dinamisme. Namun di pandang
secara kesusastraan dan kebudayaan (creative minority) ini adalah salah satu warisan yang meski kita gali terus sebagai sumber, untuk mengetahui hiruk pikuk keadaan pada masa itu.
Terakhir
dari tulisan ini mudah-mudahan dapat menambah sedikit pengetahuan bagi
penulis, pembaca dan bagi yang mengetahui. Kalaupun banyak kesalahan
mohon koreksi nya sebagai pengingat, kritik, dan saran bagi penulis yang
masih dalam tahap belajar.
Hapunteun anu kasuhun, Hampura anu kateda, luhur baur bahe carek neda jembar dihampura…..pun….ampun ampun…
DAFTAR PUSTAKA
Rusyana, Yus. (1970) . Bagbagan Puisi Mantra Sunda . Bandung: Proyek Penelitian Pantun dan Folklore Sunda
Ki Kamal. (1987) . Carita Lutung Luetik, Pantun Sunda. Jakarta : Depatemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Proyek Penerbitan Buku Sastra Indonesia dan Dareah
Rosidi, Ajip. (1989) . Beber layar. Jakarta : PT Giri Mukti Pasaka
Danandjaja, James. (1994) . Folklore Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng, dan Lain-lain. Jakarta: Grafiti.
Mustappa, Abdullah. (1995) .Kamus Sastra. Bandung: PT Granesia
Suroso, Imam. (1999). "Santet, Magis atau Psikis?", dalam Menguak Rahasia Supranatural.
Solo: CV. Aneka.
Sumber : http://blog-urangsunda.blogspot.com/
0 komentar:
Posting Komentar