Selasa, 04 Desember 2012

Tokoh Wayang Golek

Wayang golek merupakan salah satu kesenian tradisional yang ada di Tatar Sunda, dalam cerita wayang golek kebanyakan merunut kepada cerita Ramayana dan Mahabarata. Cerita Ramayana sendiri pada dasar mengisahkan tentang kisah Rama & Shinta, adapun Mahabarata menceritakan tentang perselisihan antara dua saudara yakni Pandawa dengan Kurawa yang pada puncaknya terjadi pada perang Baratayudha.
Untuk lebih mengenal para tokoh dalam cerita diatas sekaligus menambah wawasan tentang kesenian wayang golek ini, berikut saya mencoba memberikan paparannya.

SEMAR  BADRANAYA

Semar adalah seorang Dewa atau Batara yang diturunkan ke bumi dan menyamar sebagai manusia biasa. Sebenarnya bernama Sanghyang Ismaya, Semar mempunyai seorang istri bernama Dewi Sutiragen yang merupakan putri dari kerajaan Sekarnumbe dan mempunyai 3 (tiga) orang putra yakni : Cepot, Dawala dan Gareng.
Semar merupakan pengasuh dan jadi salah satu penasehat Pandawa bersama dengan Batara Kresna, tetapi dalam cerita Ramayana, Semar juga selaku penasehat Batara Rama. Semar adalah sosok panutan, sederhana, bijaksana dan tak jarang menjadi tokoh yang menjadikan suasana mencair saat terjadi ketegangan.


PANDAWA
Pandawa merupakan keturunan dari Pandu Dewanata, sering disebut dengan Pandawa Lima :

1. YUDISTIRA
Adalah putra sulung (paling tua) di Pandawa, dia merupakan raja Amarta  yang mempunyai sifat bijaksana, pemurah dan hati yang bersih. Dalam hidupnya hampir tak pernah berkata bohong
2. BIMA
Atau sering disebut Bratasena, merupakan putra kedua Pandu Dewanata dari dewi Kunti Nalibrata, mempunyai perawakan yang tinggi besar, bersikap tegas dan memiliki sifat gagah berani, teguh, kuat, tabah, patuh dan jujur, cenderung tempramental. Bima menganggap semua orang sama derajatnya, makanya dia gak pernah berkata kata halus dengan siapa saja termasuk tidak pernah duduk dihadapan mereka. Bima merupakan titisan dari Batara Bayu.

3. ARJUNA
Punya julukan Janaka karena terkenal punya banyak istri, Permadi (tampan) dan sebutan lainnya. Arjuna adalah putra ketiga di Pandawa, dia gemar berkelana, bertapa dan berguru mencari ilmu. Guru nya yang paling terkenal yakni Resi Dorna dari Padepokan Sokalima. Mempunyai paras rupawan sehingga banyak digilai para wanita,  Arjuna memiliki sifat cerdik dan pandai, pendiam, teliti, sopan-santun, berani dan suka melindungi yang lemah.

4. NAKULA
Merupakan anak Pandu Dewanata dari istrinya yang bernama Dewi Madrim, Ia mahir menunggang kuda dan pandai mempergunakan senjata panah dan tombak. Nakula mempunyai watak jujur, setia, taat, belas kasih, tahu membalas guna dan dapat menyimpan rahasia.



5. SADEWA
Dia merupakan putra paling bungsu di Pandawa, meskipun Sadewa merupakan yang paling muda, namun ia dianggap sebagai yang terbijak di antara mereka. Sadewa merupakan ahli perbintangan yang ulung dan mampu mengetahui kejadian yang akan datang.
 
 
 
 
 
 
Sumber : http://blog-urangsunda.blogspot.com/

1 komentar:

  1. punten izin kopas Gan...

    http://www.mygurukufile.ml/2016/03/media-pangajaran-aksara-sunda.html

    BalasHapus